Subscribe to :RSS feed

Video Exposure & White Balance

00.15 with Comments

Exposure

Semua kamera video dilengkapi dengan sistem exposure serta white balance otomatis. Seperti mata kita, iris kamera akan menutup atau membuka secara otomatis untuk memasukkan jumlah cahaya yang sesuai. Kamera perekam secara otomatis akan membuka iris atau menambah aperture (bukaan yang sesuai) untuk mendapatkan lebih banyak cahaya atau menutupnya untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk. Dalam intensitas cahaya yang rendah, kamera akan meningkatkan kemampuan penyerapan cahaya yang mungkin akan mengakibatkan gambar akan terlihat berbintik-bintik atau banyak butiran (grainy). Meski tak terlalu bagus, gambar seperti ini masih dapat digunakan.

Kita dapat menguasi fungsi hal ini dengan menghidupkan tombol iris manual atau menyesuaikan masukan cahaya secara manual. Tetapi kita harus terus-menerus menyesuaikan sendiri iris dari kamera. Kalau kita baru mulai belajar membuat video atau film, disarankan untuk menyalakan fungsi-fungsi kamera ini dalam kondisi otomatis. Dan harus kita ketahui, bahwa ketajaman layar dari LCD tidak ada hubungannya dengan setting dari exposure itu sendiri.


White Balance

Sumber cahaya yang berbeda akan menghasilkan "temperatur warna" yang berbeda pula. Pencahayaan tidak alami, seperti lampu pijar menghasilkan rona warna orange, cahaya matahari memberikan warna kebiruan. Kebanyakan kamera perekam memiliki fasilitas white balance otomatis, yang akan mengenali dan menyesuaikan suhu warna dari sumber cahaya yang didapatkan. Beberapa kamera juga memiliki fasilitas penempatan white balance yang berfungsi untuk mengantipasi sumber cahaya yang berbeda-beda. Jika kita memiliki kamera seperti ini, jangan lupa untuk senantiasa mengubah setting kondisi pencahaan. Kita juga dapat mengubah setting white balance secara manual dilokasi manapun dengan cara zoom in sebuah kertas putih atau obyek lainnya, sehingga kertas putih tersebut akan mengisi ruang di layar kamera. Kemudian tekan tombol white balance secara manual, menyetel video exposure & white balance secara manual merupakan tindakan yang sangat bagus dalam proses rekaman (produksi).

info lowongan kerja terbaru - kerja di rumah     Photobucket