Subscribe to :RSS feed

Produksi Video

22.58 with Comments

Bicara tentang bahasa film & video, serta konvensi-konvensi yang biasa digunakan dalam proses pembuatan film/video, misalnya : konvensi tentang pembingkaian (framing shot). Berpikirlah seperti para penulis yang menggunakan tata bahasa dalam proses kerjanya, secara umum kita juga harus mematuhi konvensi-konvensi dan aturan yang berlaku, tapi sekali lagi kita harus memahaminya lebih dulu. Kita tidak harus melakukan pekerjaan ini sendirian, kita harus ingat bahwa kebanyakan film adalah hasil kerja tim dan bukan sebuah usaha secara individual semata. Selain kita mempersiapkan dari keseluruhan tim produksi, kita juga harus menyiapkan berbagai macam peralatan produksi yang diperlukan.
Peralatan dasar Produksi (basic equipment production)
Peralatan ini terdiri dari :
Tas kamera dengan desiccant (pengawet dari silika) dimaksudkan agar kamera tetap denga kondisi kering


Kamera video, kamera video ini memiliki jenis bentuk serta ukuran yang bermacam-macam. Kamera video dikategorikan sesuai dengan kaset (tape) yang digunakan serta standar operasinya (PAL atau NTSC). Kebanyakan kamera sekarang berupa kamera digital, meski beberapa kamera lama masih menggunakan format analog.



Kaset (tape), berfungsi sebagai media penyimpanan data video yang akan kita rekam. Kaset ini memiliki 2 jenis format, yaitu analog dan digital. Seperti halnya kaset dengan format BetaCam SP atau DigiBeta (kebanyakan digunakan oleh industri penyiaran), VHS, Hi-8 (analog). selain itu ada pula pula yang berformat digital seperti miniDV,DVcam,HDV (high difinition video).


Tripod ini berfungsi agar dalam pengambilan gambar tidak goyang & tetap stabil, serta memiliki komposisi shot yang bagus.

Reflektor, banyak kamera dapat merekam dalam intensitas cahaya yang cukup rendah, tetapi gambar-gambar yang dihasilkan biasanya berkualitas rendah. Disinilah fungsi reflektor bekerja untuk memantulkan cahaya pada obyek yang kekurangan intensitas cahaya. Reflektor ini biasanya terbuat dari kertas timah atau kertas yang berwarna putih yang dapat memantulkan cahaya.

info lowongan kerja terbaru - kerja di rumah     Photobucket